Saatnya HATI NURANI bicara


Internet Sehat Untuk Anak Indonesia by ratna ariani
July 25, 2008, 2:48 pm
Filed under: pendidikan | Tags: , , ,

Dampak internet sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologi anak-anak. Salah mengkonsumsi konten, perilaku generasi penerus kita pun bakal menyimpang dari treknya. Hal inilah yang menggelitik sejumlah pihak untuk menyuarakan pembuatan konten internet yang sehat dikonsumsi bagi anak-anak Indonesia. Tujuannya, eksploitasi anak-anak di dunia maya segera diminimalisir.

Dirjen Pelayanan dan Rehabilitas Sosial dari Departemen Sosial, Mahmur Sanusi mengatakan, untuk menghilangkan kekerasan pada anak adalah dengan memperbanyak konten khusus anak-anak di internet.
“Isinya seperti permainan, lagu dan gambar anak-anak,” ujarnya dalam jumpa pers yang berlangsung di Gedung Depkominfo Jakarta, Jumat (25/7/2008).

Sementara menurut Masnah Sari, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia, aksi kekerasan yang menghinggapi anak-anak tak lepas dari campur tangan perkembangan internet. Selanjutnya baca di Detikcom disini.

Sebagai perempuan yang peduli bagi pertumbuhan generasi yang sehat, apa yang kita bisa lakukan? Perkembangan teknologi komunikasi seperti internet dan televisi seperti pedang bermata dua. Banyak hal baik didalamnya tapi juga hal yang membahayakn bahkan bisa merusak. Tindakan yang bisa kita lakukan untuk didalam rumah adalah sbb:

(1) Keluarkan televisi dan komputer dari kamar anak-anak. Satukan semuanya di ruang keluarga. Sehingga walaupun anak-anak sendirian ada beban psikologis bagi mereka karena berada di ruang terbuka. Lebih mudah diawasi.

(2) Coba baca artikel tentang Parental Guidance untuk safe surving. Paling mudah ikuti step by step dari Mas Ono Purbo hanya dengan merubah setting MS IE anda disini.

(3) Gak ada salahnya cek tracing kemana saja anak anda berselancara bisa dilihat di Google search history. Tentukan juga berapa lama mereka boleh menggunakan internet agar waktu belajar mereka juga tidak terganggu. Dengan semakin canggihnya teknologi komunikasi justru semakin sedikit anak-anak yang menyukai aktivitas luar ruang karena adanya HP, komputer dan televisi.

(4) Pilihkan website yang baik untuk anak dan masukkan dalam bookmark, sehingga mereka mudah mendapatkannya. Untuk anak-anak yang lebih besar dan suka mampir ke warnet, tidak ada salahnya anda cek ke warnet tersebut apakah ada fasilitas ‘safe’ netting. Bisa juga anda lihat apakah ada sekat-sekat antar komputer. Pilihlah warnet yang peduli dengan ‘safe’ netting; biasanya tidak menggunakan sekat sehingga para pengguna juga sungkan mengunjungi website terlarang. Petugas warnet juga mudah untuk memantaunya. Bisnis sih bisnis tapi bisa tetap menjaga etika dan nilai positif kan?

(5)Hati-hati dengan anak yang sudah bisa mulai chatting; memang mereka bisa chat dengan ibunya yang di kantor, tapi bisa juga dengan orang lain yang tidak dikenal. Sering-seringlah ngobrol dan cari tahu dengan siapa saja mereka chat hari itu.

(6) Kalau sudah mulai biasa dengan internet, ajari mereka membuat blog sendiri untuk membangun minat mereka ke arah yang positif. Tapi sering juga terjadi sebaliknya, ibunya diajari anaknya bikin blog, gpp juga kan? Benteng terakhir adalah adanya khasanah iman yang kuat sebagai filter menolak segala yang kelihatan ‘baik’ dan ‘enak’ tapi bisa jadi racun. Ada yang mau nambah usul atau pengalaman lain?

Have a safe netting with the kids!


2 Comments so far
Leave a comment

salam,
Inilah masalah paling meresahkan…
Maka temani saja anak, selama ia masih anak

Comment by limpo50

[…] public links >> depkominfo Internet Sehat Untuk Anak Indonesia Saved by jezzafrombristol on Tue 30-9-2008 Astro Metong Saved by wwwiyisozlukcom on Sun 21-9-2008 […]

Pingback by Recent Links Tagged With "depkominfo" - JabberTags




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: