Saatnya HATI NURANI bicara


Era Bisnis Berbasis Lingkungan: Jangan pilih partai yang tidak punya program lingkungan by ratna ariani
August 1, 2008, 12:18 am
Filed under: artikel, lingkungan hidup, politik | Tags: , , ,

Pemilu 2009 akan digelar, beberapa dari Anda masih ragu untuk memilih partai mana yang akan dipilih nanti. Jika Anda adalah salah seorang yang sadar akan pentingnya lingkungan bagi kehidupan saat ini dan masa depan, tentunya Anda akan berhati-hati dalam memilih partai. Celakalah kita, jika mayoritas partai pemenang pemilu adalah partai yang tidak memiliki wawasan tentang lingkungan. Ciri-ciri partai yang tidak punya perhatian besar pada masalah lingkungan, antara lain adalah

  1. Dalam struktur organisasi tidak ditemukan bagian atau seksi yang menangani masalah lingkungan dan energi secara khusus.
  2. Tidak menyebutkan salah satu visi atau misinya berkaitan tentang lingkungan.
  3. Jika mereka memiliki Badan Penelitian dan Pengembangan, tidak ada seksi atau bagian yang menangani masalah lingkungan
  4. Dalam kampanye, khususnya program yang diajukan kepada pemilih tidak ada menyinggung tentang lingkungan, pemberdayaan hukum lingkungan, dan statement khusus tentang lingkungan.
  5. Dalam Dewan Pakar atau pembina, tidak ada seorang pakar lingkungan yang dikenal.

Kalau hanya sekedar aktifitas menanam pohon, anak TK dan SD juga sudah biasa! Partai yang akan kita pilih diharapkan dapat memiliki visi misi dalam sustainable development atau pembangunan berbasis lingkungan dan sejenisnya. Maka visi misi itu harus dijelaskan agar kita dapat meminta pertanggung jawaban mereka pada saat mereka telah duduk di Dewan Perwakilan Rakyat/ DPD/ DPRD.

Saya baru menelusuri beberapa website partai politik yang akan ikut bertarung dalam pemilu 2009, alhasil beberapa partai yang kini ikut dalam pemilu tidak memiliki visi dan misi tentang lingkungan. Bahkan Partai Demokrat, partainya Bapak Presiden kita (SBY) tidak memiliki visi dan misi tentang lingkungan (huebat kan!).

Lain halnya partai milik almarhum Syahrir (Partai PIB) dimana dalam action plannya menyebutkan seperti ini: “Lingkungan Hidup yang Lestari. Kemakmuran dan pembangunan memerlukan dukungan sumber daya alam. Tetapi pemanfaatan sumber daya itu haruslah menghormati dan mengikuti hak- hak sang alam. Sangatlah berbahaya mengejar pertumbuhan ekonomi sambil mengabaikan keseimbangan ekologis. Bencana lingkungan haruslah kita pahami secara menyeluruh dalam rangka pengatuaran politik, beban ekonomi dan daya dukung ekosistem. Oleh karena itu, Partai PIB sangat menyadari bahwa pendidikan lingkungan hidup harus dimulai sejak dini. Begitu juga pengawasan masyarakat terhadap kebijakan politik pembangunan haruslah terus menerus diteriakkan. Hukum lingkungan haruslah menjadi payung bagi hukum pembangunan ekonomi. Bagi Partai PIB, lingkungan hidup adalah ibu pertiwi yang akan merawat kemanusiaan sepanjang zaman.

Sedangkan Partai Bulan Bintang memiliki program khusus mengenai lingkungan, seperti berikut:

Urutan ke sebelas “Lingkungan Hidup� (dalam Program Partai)

a. Melakukan pengelolaan sumber daya alam yang terbaharukan dengan memegang prinsip kehidupan yang berkelanjutan.

b. Pengelolaan sumber daya alam yang tidak bisa pulih dengan berpegang kepada sikap hemat dan meningkatkan efisiensi pemakaian.

c. Mengkonversikan penyusutan sumber daya alam ke dalam bentuk: 1) modal fisik seperti pembuatan jalan dan pabrik, 2) modal sumber daya manusia melalui pendidikan, keahlian dan pengetahuan, 3) modal kelembagaan melalui sistem pemerintahan yang bersih.

d. Mengembangkan kerja sama regional dan internasional di bidang lingkungan hidup dengan terlibat secara aktif dalam lembaga-lembaga tersebut.

e. Meningkatkan peranan keberadaan lembaga-lembaga pemerinatah dan LSM, masyarakat yang bergerak di bidang lingkungan hidup dan melakukan koordinasi dengan departemen-departem en teknis, sehingga setiap kebijakan yang dikeluarkan mengarah kepada kebijaksanaan pembangunan berwawasan lingkungan.

f. Penegakkan hukum lingkungan secara konsisten dan konsekuen.

g. Pemberdayaan kelembagaan adat dalam rangka pelestarian lingkungan hidup.

Setahu saya, dahulu Partai Amanat Nasional (1998 ) memiliki program partai yang cukup bagus tentang lingkungan. Namun saya belum menemukan program kerja atau visi-misi mereka, karena website mereka sedang dalam perbaikan, sehingga saya belum dapat memberikan tanggapan, demikian pula dengan partai kebangkitan bangsa (PKB), dan PDI-Perjuangan.

Beberapa Partai yang berhasil saya tinjau melalui website mereka, dimana dalam websitenya tidak ditemukan berbagai Kebijakan, program kerja, visi dan misi partai yang terkait mengenai lingkungan, antara lain:

1. Partai Demokrat
2. Partai Damai Sejahtera
3. Partai Bela Negara
4. Partai Kongres
5. Partai Golkar
6. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Jika benar keenam partai yang cukup kita kenal ini tidak memiliki kebijakan atau visi atau misi atau program kerja yang berkaitan dengan dukungan partai terhadap lingkungan, mungkin saya akan bertanya, apakah para wakil atau pemimpin kita kurang memahami peran penting lingkungan terhadap pembangunan nasional, sehingga masalah lingkungan itu termarginalkan. Mungkin mereka merasa tidak penting dengan keberadaan lingkungan karena masalah lingkungan dianggap sebagai penghambat proses pembangunan ekonomi, bisa jadi!

Jika hal demikian, masihkah kita berharap pembangunan berkelanjutan ini dapat diwujudkan, mungkin saja era bisnis berbasis lingkungan hanya tinggal nama dan cukup indah untuk dikenang.

Saya berharap, sangkaan saya terhadap ke enam partai yang saya sebutkan ini salah, jika memang demikian maka saya mohon maaf, dan tolong beritahu saya agar saya dapat meralat informasi itu.

Selanjutnya, saya berharap Anda dapat mencari sendiri partai-partai yang sesuai dengan harapan Anda (mudah-mudahan harapan Anda sama dengan saya). Kita berharap akan banyak partai yang lebih memiliki kesadaran dan pemahaman yang baik bagi perjuangan lingkungan, sehingga tiang pertama dari era bisnis berbasis lingkungan dapat terwujud yaitu pemerintah, partai politik, organisasi kemasyarakatan, LSM, dan lembaga pendidikan yang berbasis lingkungan. (suntingan dari Crisis centre KWI, penyunting : j.sunarka,sj)


3 Comments so far
Leave a comment

Aqu stuju 100%, trnyata mta kta msih d butakan oleh kepntingan utk mndpatkan kdudukan. Ktanya Indonesia kya akan Alamnya, tpi kok mereka nggk bsa mlindungi alam ktaw yg kya ituw.

Comment by Ferry

Makin yakin milih PARTAI PIB pada pemilu mendatang, biarpun kecil partai Alm Dr. Sjahrir ini mempunyai konsep yg jelas sebagai partai politik.

Comment by sakti

Semoga setiap parpol memiliki visi dan programyang jelas. Tapi kalau memang mirip satu sama lain, kenapa gak gabung aja ya? menyatukan enersi dan dana yang ada tentu lebih efisien. Tx sudah mampir di blog ini.Salam kenal, juga untuk mas muslich, mas yudi, juga komunitas biru. Demokrasi di Indonesia masih bertumbuh, dan kelihatannya mengarah ke pola yang membaik.

Comment by ratna ariani




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: