Saatnya HATI NURANI bicara


Made In Indonesia Merupakan Suatu Trade Mark by ratna ariani
November 18, 2008, 6:21 am
Filed under: pendidikan | Tags: , , ,

Saat ini sedang diadakan Pameran Buku Nasional dan Internasional dari buku anak2 sampai buku bacaan orang dewasa di JCC Senayan. Bagi pecinta buku pasti deh tidak mau beranjak darisana. Kemarin saya dari sana, karena ada acara pengumuman juara membaca dongeng dlm bhs Inggris Tingkat TK dn SD seluruh Jakarta dn setiap kategori diikuti 300 an peserta dari berbagi sekolah lokal dn internasional yg berada di Jakarta dn sekitarnya..

Pertandingan diadakan selama tiga hari dn pada Sabtu, tgl 14 November pengumuman pemenang dn penyerahan piala dn hadiah2 dilakukan..Saya sebagai pemilik TK Pestalozzi tentu hadir bersama guru kelas TK dn para orangtua murid yang ikut lomba. Kami mengikut sertakan 4 orang anak usia antara 5-6 thn.

Ternyata yang menang dan mendapatkan juara ke 2 dari TK Pestalozzi seorang anak laki2 berusia 5 tahun yng bernama Billy. Dia termasuk anak yg hyperaktif,tidak bisa berkonsentrasi terlalu lama, tetapi tingkat kecerdasannya diatas rata-rata.Pengucapan bahasa Inggris Billy baik dan lancar, hanya bahan cerita yang diwajibkan dari panitia sangat panjang dan untuk anak seperti ini sistem menghafal tidak akan bisa. Kemudian kami melatih Billy dengan metode berbeda, kami memberi point2 nya saja dan itu yang harus dihafalkan dan urutan cerita kami buat berupa urutan gambar2 dan setiap gambar mengandung point2 yang harus diceritakannya, karena dia bisa berimprovisasi dengan kalimatnya sendiri dan bila lupa cukup melihat gambar2 yang sudah kami urutkan.Orangtuanya di rumah juga sangat kooperatif dan melanjutkan di rumah dengan sistem yang sama.

Nah latihan dilakukan setiap hari selama dua minggu sesudah jam sekolah, ternyata hasilnya luar biasa, ketika Billy kami hadapkan didepan audiens kecil yg terdiri dari para orangtua murid dengan memakai panggung boneka. Dia tampil dengan PD dan suara lantang dengan improvisasi yang alami dan lucu, mengalahkan tiga anak lain yang juga akan tampil, padahal salah satu dari mereka, anak perempuan yang lucu, imut2 dan berbahasa Inggrisnya lebih fasih, karena kursus bahasa Inggris di luar sekolah,tp tdk PD dan masih malu2, sehingga suara tidak keluar dengan maksimal.

Nah dengan kesiapan tsb, bertandinglah mereka, dan Billy mengalahkan sekitar 50 anak yg masuk seleksi, termasuk TK internasional ternama di Jakarta, dia mendapat juara ke 2. Anak yang juara 1 adalah anak yang menggunakan Full English di sekolah dan juga di rumah, sedangkan TK kami bilingual dan konsisten mengutamakan bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu lisan maupun tulisan…

Aduh bangganya saya kemarin atas kemenangan ini, ingin membuktikan bahwa ‘Made in Indonesia’ dalam soal pendidikan sudah bisa dipasarkan sebagai ‘Trade Mark’, tidak perlu diragukan lagi.Dengan pemilik fasilitas, pembuat program dan metode pengajaran, guru-guru, staf dan alat peraga dan biaya pendidikan murni ‘Made in Indonesia’,tidak ada yang diimpor, kita bisa mengalahkan TK internasional yang fasilitasnya dan guru-gurunya orang asing…..

Selama ini jerih payah saya bertahun-tahun untuk membuktikan bahwa Indonesia itu bisa itu berhasil dan saya mengharapkan para orangtua dimanapun berada untuk ke depannya lebih mempercayakan anak-anaknya kepada pengelola institusi pendidikan bangsa sendiri, kualitas tidak kalah, pengajar Indonesia banyak yang handal, biaya pendidikan lebih terjangkau dan lebih penting lagi dan harus kita ingat ,memberi lapangan kerja kepada bangsa sendiri……Semoga…Saya tidak pernah akan berhenti untuk mengubah ‘mind set’ para orang tua untuk mencintai ‘Made in Indonesia’, apapun itu. [ Dr. Dharmayuwati Pane]


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: