Saatnya HATI NURANI bicara


Perempuan: Be Your Self by ratna ariani
November 24, 2008, 1:28 am
Filed under: keluarga | Tags: , , , , ,

Sebagai seorang anak sulung dan perempuan, saat saya masih kecil sering membanding-banding kan nama diantara teman-teman SD. Saat itu sekolah kami perempuan semuanya. Banyak teman menggunakan nama keluarga, tentunya nama ayahnya di belakang namanya. Kedengaran keren betul buat saya. Saya sempat ngiri juga, namaku kok gak dikasih embel-embel nama bapak ya? Apa bapak malu punya anak aku ya, karena waktu itu adikku 5 laki-laki semua. Jangan-jangan… aku bukan anak bapak. Halaaah… namanya juga pikiran anak-anak.

Tapi sungguh, pikiran ini sempat saya ambil serius bahkan minta bukti akte kelahiran ke ibu saya, hanya untuk membuktikan saya anak sah bapak-ibu. Bapak cuma mengatakan, ada atau tidak ada nama bapak, kamu tetap anak kami. Just be yourself, jadilah dirimu sendiri. Saya manggut-manggut tapi gak mengerti, cuma legaaa… ternyata aku anak sah kok. Ih sensi bener ya?

Hal menarik terjadi juga saat sudah menikah, banyak teman berganti nama dengan memasang nama suaminya. Duh, kayaknya gagah bener melihatnya ya. Ny Bambang Purnomo (contoh lho). Iya lah mungkin bagi mereka penting banget memberi tanda “sudah menikah” ya. Saya sendiri bukannya gak bangga dengan suami, tapi rasanya gak perlu amat merubah nama di KTP or kartu nama dengan nama suami. I am what I am laah..

Begitu para ibu ini mengantar anak-anak kesekolah, maka nama para ibu menghilang tiba-tiba. Gak penting lagi karena berubah jadi mama Sekar, mama Adi, mama Joni, pokoknya mamanya anak-anak di sekolah deh. Sehingga kalau ketemu saat terima raport pun kita gak inget (juga gak tahu) siapa nama sebenarnya para ibu-ibu ini.

Rupanya tradisi mengganti nama perempuan dengan menambah nama keluarga (fam), lalu ganti dengan suami, tidak hanya di budaya timur. Di negara barat pun demikian, saat mudanya Sarah John, begitu menikah berubah jadi Mrs James. Hilang lah nama si perempuan. Gak penting ?

Nah kejadian lucu saat ketemu para perempuan yang menjadi caleg dimana terjadilah pertukaran kartu nama. Berhubung nama caleg yang terdaftar di KPU adalah nama yang sesuai KTP, rupanya banyak  perempuan yang baru ketahuan nama aslinya. Selama ini dikenal dengan bu Bambang, mama Endie, dsb. Setelah terpasang fotonya di baliho besar dan di spanduk-spanduk keluar lah komentar : Lhoooo.. ternyata bu Tono itu ya? dia nyalon tha? eh nyaleg juga?

Terpaksalah harus ada biaya ekstra untuk sosialisasi nama ‘asli’ sang caleg perempuan, apalagi mengingat di surat suara nanti katanya tidak ada foto caleg. Diam-diam saya bersyukur karena sejak dari lahir, menikah dan sampai sekarang tidak ganti-ganti nama. Tidak pakai nama suami karena memang di kantor tempat saya bekerja, saya harus pakai nama sendiri. Tidak juga pakai nama bapak, sehingga tidak dibilang KKN atau nebeng beken nama bapak. Paling-paling ketahuan belakangan …. ooo anaknya pak anu tha? Pantesan…

Maka buat para perempuan, just be your self, jadilah dirimu sendiri. You are somebody that is special. Banggalah dengan karya terbaikmu. Tanpa mengandalkan nama ayah yang melindungimu, tanpa mengandalkan nama suami yang menafkahimu. Banyak karya besar perempuan dilakukan  seperti sekolah gratis, LSM berbasiskan kepedulian perempuan, koperasi petani dsb. Semua ini dimulai dari suatu keprihatinan diri seorang wanita. Anda bisa menjadi diri sendiri, dan bangga dengan menyandang nama sendiri. Nama yang sama sedari lahir, menikah sampai tertulis di batu nisan.


1 Comment so far
Leave a comment

What is in a name? Meski Shakespeare berkata “that which we call a rose by any other name that would smell as sweet”… For me, kalau kita sebut mawar itu bunga bangkai dan bunga bangkai kita sebut mawar… maka nama mawar itu akan tertukar dengan bunga bangkai, sehingga berubahlah si mawar. Kok mbingungi ya, Mbak? My point is, “what is in a name? It’s YOU.”

Comment by zulfa




Leave a Reply

