Saatnya HATI NURANI bicara


NPWP: Wajib Hukumnya by ratna ariani
December 14, 2008, 11:05 am
Filed under: sosial masyarakat | Tags: , , ,

Frens lan sedulur,

Ini jawaban dari pak sayuti seorang konsultan pajak, menanggapi kewajiban ber NPWP dan kebijakan fiskal bagi warganegara Indonesia yang tinggal dan sekolah di luarnegeri.
Jadi untuk setiap WNI berusia 21 tahun ke atas : silahkan neges-neges dalam tempo sesingkat-singkatnya sebelum gigit jari dan tidak bisa tidur nyenyak. (RA).

——————————————————————————

Bu Ratna,
Peraturan membayar fiskal bagi WNI yang telah berumur 21 tahun sebesar Rp. 3 juta mulai tahun 2009, namun sampai sekarang peraturan pelaksanaannya belum tertuang secara tertulis, sehingga mengundang banyak pertanyaan, salah satunya pertanyaan teman Bu Ratna yang tinggal dan bekerja di luar negeri. Demikian juga dengan TKI yang akan ke luar negeri, apakah harus memiliki NPWP agar mereka terbebas dari fiskal ini.

Menurut pendapat pribadi saya, tidak ada satupun dari masyarakat yang dibebaskan dari peraturan wajib ber NPWP. Jika ybs tidak mempunyai penghasilan, berarti tidak perlu membayar pajak. Setiap WP yang mempunyai penghasilan wajib melaporkan penghasilannya tiap tahun yang diperolehnya dari dalam negeri maupun dari luar negeri.

Selama ini peraturan fiskal luar negeri bersifat diskriminatif untuk beberapa wilayah tertentu, seperti beberapa wilayah di Sumatera bebas fiskal jika mereka berangkat  ke Singapore dan Malaysia dari pelabuhan tertentu dan memiliki paspor yang dikeluarkan oleh kantor imigrasi setempat. Demikian halnya dengan mahasiswa yang studi ke luar negeri, mereka bisa menikmati fasilitas free fiscal sampai 4 kali dalam setahun.  Mulai tahun 2009, peraturan tersebut dicabut, sehingga masyarakat Batam yang selama ini menjadikan Singapore sebagai tempat kediaman kedua mereka, terpaksa harus membayar fiskal 1,5 juta  ( 1/2 dari tarif resmi karena via laut). Demikian juga dengan masyarakat Padang, Pekanbaru, Medan harus rela membayar fiskal jika tidak mau memiliki NPWP. Peraturan ini cukup manjur, terbukti dalam tahun 2008 saja WP meningkat 2 juta lebih.

Peraturan ini hanya berlaku untuk tahun 2009 dan 2010 saja, setelah itu dalam tahun 2011, semua WNI yang akan ke luar negeri , baik yang berNPWP maupun yang tidak mempunyai NPWP tidak perlu lagi membayar fiskal.

Catatan: Bagi yang bekerja atau studi di luar negeri harus mengurus NPWPnya di kantor pajak dimana ybs berdomisili (berdasarkan KTP), bukan di KBRI, karena fiskal dipungut hanya bagi yang mau ke luar negeri, bukan ketika mau masuk atau kembali ke tanah air.
Demikian info dari saya Bu.
Salam,
Sayuti

Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: