Saatnya HATI NURANI bicara


HANURA dinilai mampu melakukan perubahan by ratna ariani
January 7, 2009, 6:14 am
Filed under: artikel | Tags: , ,

Jakarta, Media Centre – Dalam survey yang dilakukan Pusat Kajian Kebijakan dan Pembangunan Strategis (Puskaptis) tentang persepsi dan perilaku pemilih terhadap pelaksanaan Pemilihan Legislatif dan Presiden/Wakil Presiden 2009 terungkap bahwa masyarakat kecewa atas penanganan pemerintah terhadap krisis ekonomi yang terjadi saat ini. Dalam survey yang dilakukan terhadap 1.366 responden di 33 provinsi dan 132 kabupaten/kota di seluruh Indonesia pada periode 24 November – 3 Desember 2008 menyebutkan sebanyak 31,49% responden kecewa terhadap penanganan pemerintah terhadap krisis.

Dalam survey ini menyebutkan besarnya kekecewaan responden terhadap pemerintah dalam menangani krisis saat ini berdampak pada penilaian mereka atas keberlangsungan dan eksistensi SBY-JK setahun ke depan. Sebanyak 38,43% responden menyatakan tidak yakin bahwa pemerintahan SBY-JK mampu membuat keadaan lebih baik. Sedangkan sebanyak 35,46% responden menyatakan keyakinan atas kemampuan mereka dan 26,11% responden tidak berkomentar.

Berkaitan dengan hal tersebut, responden menginginkan adanya gerakan fundamental untuk terciptanya perubahan dan pembaruan pada pemerintahan 2009-2014. Dalam survey ini disebutkan 84,56% responden menyatakan menginginkan adanya perubahan dan pembaharuan dalam pemerintahan dan kebijakannya.

Responden menilai ada beberapa sektor yang membutuhkan dilakukannya perubahan dan pembaharuan itu. Sektor ini terkait dengan krisis dan kondisi riil yang dialami masyarakat saat ini. Misalnya, harga berbagai kebutuhan naik dan langka. Lapangan pekerjaan bekurang ditambah dengan banyaknya pekerja yang di PHK. Sementara itu, sektor lain yang perlu dilakukan perbaikan adalah pendidikan, kesehatan, pertanian, sosial, dan penegakan hukum.

Terdapat lima partai yang mendapat urutan teratas dinilai responden sebagai partai yang mampu melakukan perubahan dan pembaruan tersebut, yaitu PDIP, Partai Demokrat, Golkar, PKS, dan PAN. Sedangkan dua partai baru juga mendapat dukungan dari responden yang dinilai mereka mampu melakukan perubahan dan pembaharuan adalah Partai Gerindra dan Partai HANURA.* (AJ) sumber : http://www.hanura.com


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: