Saatnya HATI NURANI bicara


Penggalangan Dana Palestina TV ONE Cenderung Sektarian by ratna ariani
January 17, 2009, 11:50 pm
Filed under: politik | Tags: , ,

Saya menerima email ini dari seorang teman. Prihatin juga dalam kondisi menegangkan begini, sikap masyarakat Indonesia dituntut untuk menunjukkan kualitasnya di mata Internasional. Sayangnya media yang seharusnya menjadi pencerah dan menggiring pemirsa pada porsi sebenarnya, justru membalikkan issue kemanusiaan menjadi issue agama. Perlu diketahui Palestina bukan 100 % berpenduduk muslim, masih ada kelompok Palestina Kristen dan agama lain yang merupakan minoritas disana. Foto disebelah adalah seorang Palestina pengikut kristiani dimana nenek moyangnya sudah tinggal terlebih dulu di jalur Gaza sebelum kelompok muslim mendudukinya. Mereka pun sebagai minoritas sangat tertekan dengan praktek PA (Palestine Authority). Marilah dengan bijak kita menyikapi issue kemanusiaan yang terjadi di Palestina dengan keprihatinan mendalam, keprihatinan sesama manusia yang menderita dan direnggut kebebasannya dan digantikan selimut ketakutan. (RA)

Baru saja TV One melakukan penggalangan dana dengan membuat satu acara secara live pada tanggal 16 Januari 09 malam hari. Nama acara nya adalah :  SATU UNTUK PALESTINA.

Bukan cuma para selebritis yang mengisi acara tetapi beberapa pejabat juga hadir seperti Menteri Sosial, Menpora dan beberapa anggota DPR dari satu parpol (itu yang aku lihat). Konsep dan maksud acara nya sangat baik saya pikir.
Dengan mengundang artis untuk menyanyi kemudian ada beberap artis yang menerima telpon dari pemirsa. Jadi selama acara berlangsung para selebritis menjadi operator telpon dan ada juga yang menhibur pemirsa. Dan memang berhasil menghimpun dana yang besar dari pemirsa dari dirumah.

Tapi sayang nya acara tersebut dari mulai musik, para artis dan tamu – tamu yang datang. Pada umumnya ( itu yang aku lihat) muslim semua. Bahkan lagu – lagu nya juga bernuansa muslim dan bernuasa Arab. Walau ada lagu bernuansa cinta secara universal (seperti yang dibawahkan oleh Krisdayanti dan Anang).
Dari mulai pembawa acara (Rina Gunawan) yang menggunakan jilbab sampai benar – benar seperti nuansa Ramadhanan.

Saya cuma berpikir saja apakah memang hanya artis muslim yang mau membantu untuk Palestina? Apakah teman – teman artis yang non muslim tidak ada niat membantu?
Saya kok yakin bahwa Ruth Sahanaya, Edo, Agnes atau teman – teman non muslim lainnya pasti juga punya niat yang sama untuk membantu. Saya yakin mereka juga merasakan hal yang sama seperti teman – teman muslim soal Palestina ini.

Disisi lain acara itu baik sekali dapat menghimpun dana bagi rakyat Palestina. Tapi saya berpikir akan lebih baik sekali kalau acara itu dapat melibatkan semua artis atau masyarakat dari berbagai agama, suku dan latar belakang apapun.
Jadi warna musik yang ditayangkan juga tidak hanya bernuansa Arab atau Islam saja. Tetapi juga dapat menghadirkan lagu – lagu pujian ala agama kristen, budha, HIndu atau musik ala teman – teman agama lainya.

Karena persoalan Palestina adalah persoalan kemanusiaan bukan persoalan agama tertentu saja (dalam hal ini muslim).
Sayang sekali TV One yang mestinya menjadi media pemersatu bangsa dan menyatukan dari berbagai agama. Tapi malah justru meyakinkan kepada publik bahwa Palestina adalah masalah Islam.

Sekali lagi saya menyayangkan acara yang baik tapi malah menjadi berwarna Sektarian.
Mungkin saran saya lain waktu kepada media TV kalau menggalang dana lagi buat lah persoalan Palestina jadi ini menjadi isu kemanusiaan bagi semua manusia.Bukan hanya muslim. Karena ini lah yang menyatukan perbedaan kita selama ini sebagai manusia.

Wasalam

Toyo


3 Comments so far
Leave a comment

kalau pesimis terus.. kapan bisa bantunya Bu..
yang konkrit dari masyarakat selain jalur diplomasi pemerintah yah itu.

Comment by satya

Menurut saya sangat sektarian adalah anda sendiri. Sengaja mememcah belah komunitas rakyat Indonesia yang memang mayoritas Muslim.

Sikap TV ONE yang lebih merangkul kaum Muslimin dalam membahas masalah Palestina adalah bentuk kewajaran dan sangat masuk rasio pemikiran semuanya.

Sebagai orang Jawa Tengah, saya pastikan akan menggalang kekuatan untuk tidak memilih pihak/caleg yang menentang perjuanagn Palestina termasuk Ratna Ariani MBA

Tolong dicatet.

Comment by Rovi

sayang sekali kalau anda berpendapat demikian, karena kalau anda perhatikan tulisan saya lainnya, ini bukan masalah agama tapi masalah kemanusiaan. Saya tidak membela siapapun yang terlibat dalam perang, tapi saya prihatin bila sudah jatuh korban karena para pemimpin berkeras kepala memaksakan kehendaknya sehingga korban tak bersalah berjatuhan. Korban palestina pun tidak mayoritas muslim, yg non muslim juga ada. Lebih baik kita memandang agama sebagai sarana untuk membantu orang lain menjadi lebih sejahtera dengan tidak saling mengorbankan satu dengan yang lain.

Comment by ratna ariani




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: