Saatnya HATI NURANI bicara


Kabar dari KPTT Salatiga by ratna ariani
February 3, 2009, 6:32 am
Filed under: pemberdayaan ekonomi | Tags: , , ,

p1020057

Berikut saya bagikan kabar dari Kursus Pertanian Taman Tani Salatiga, yang dikirim dari Direktur KPTT Rm Wartaya SJ. Visi KPTT Salatiga ini adalah mendidik karakter petani pengusaha dan merupakan satu-satunya tempat pelatihan pertanian organik berbasis praktek dan berasrama. Saya salut dengan karya KPTT ini karena menumbuhkan kebanggaan menjadi petani yang saya temui langka saat ini. Di banyak tempat saya jarang menemui anak muda yang mau jadi petani meneruskan usaha orang tuanya. Dalam kesempatan kali ini saya mengajak beberapa rekan yang tertarik untuk membudidayakan jamur kuping terlibat dalam program petani  mandiri. Semoga lewat karya KPTT, petanipun dapat memperbaiki taraf hidupnya dan memiliki karakter pengusaha menjadi petani yang mandiri. (RA)

Kabar dari KPTT Salatiga

1. Tanggal 18 – 24 Januari 2009 yang lalu, telah terselenggara training pertanian organik terpadu yang diikuti oleh 12 orang. Mereka berasal dari para anggota kredit union wilayah Solo dan Yogyakarta. Training berlangsung dengan bagus: menyenangkan dan mau belajar. Pada akhir training para peserta diminta untuk membuat rencana usaha. Dari rencana usaha tampak bahwa peserta training berusaha mewujudkan hasil training di tempatnya masing-masing. Hampir semua peserta merasakan manfaat dari training ini. Berikut refleksi mereka: “Saya sekarang tidak merasa kecil sebagai petani, tetapi dengan training ini saya jadi lebih percaya dairi menatap hari depan saya. Sebab denganb erusaha tani yang maju, secara organic, dengan ketrampilan- ketrampilan yang telah saya terima: semangat kerja yang harus dimiliki, menghargai waktu dan segala potensi alam sekitar yang kaya ini, betul-betul berusaha tani sangat menjanjikan. ” “Orang-orang yang ada di KPTT sangat menyenangkan. Orang berilmu yang rendah hati ngresepke ati. KPTT kursus masa depan yang harus dilestarikan. ” “Training ini sangat menyenangkan, para peserta diterima dengan ramah oleh KPTT. Para pengajarnya pun sangat bersahabat. Begitu pula dengan pesertanya, rasa kekeluargaannya sangat besar.”

2. Sejumlah 11 orang mengikuti training budi daya jamur di Wisma Wates Salatiga. Training ini baru pertama kali diadakan. Minat peserta sangat besar. Berikut refleksi mereka. “Dengan training ini menambah semangat untuk berwiraswasta, menciptakan lapangan pekerjaan, juga berkeinginan untuk menularkan pengetahuan. ” “Merasa sangat menambah pengetahuan masalah jamur kuping. Sangat-sangat berterima kasih. Sangat bagus karena training dilakukan cepat, padat dan praktek. Karena saya tertarik dan udah melakukan budidaya jamur mungkin saya membeli baglog dari KPTT dan KPTT bisa menyalurkan hasil panen.” “Tambah wawasan/ilmu, terinspirasai untuk bangkit maju.” . “Menciptakan lapangan kerja baru di bidang pertanian dan mengajak rekan-rekan kami yang belum mendapat pekerjaan dengan cara bertani jamur. Saya senang dengan adanya training di KPTT ini dan cara menyampaikan materi mudah kami terima.

3. Tiga puluh siswa mengikuti kursus tiga bulan mulai tanggal 26 Januari sampai dengan 22 April 2009. Jumlah ini terbesar selama saya di KPTT. TErdiri dari: 12 orang dari SPMA Sidareja, Cilacap yang melakuan praktek kerja usaha, 6 orang suster ( 3 PIJ, 2 ADSK, 1 PMY), satu orang imam praja dari Kalimantan, 7 dari Papua, 2 dari Blitang, 2 dari Purwakerta).

Salam, war


3 Comments so far
Leave a comment

Salam dari Malang,baru hari ini Sdr. wisnu karena permintaan sendiri pulang kembalike SLtga. Sedang Sdr. Budi tetap dalam persiapan mengembangkan Farm Organik ditengah belantara Halmahera. 2 Orang lokal Halmahera tetap akan belajar di KPTT dimasa mendatang selama 6 bulan. Semoga Romo sehat-sehat selalu. Tuhan melindungi anda.

Comment by FX Hartono Gunawan

Romo,pendidikan adalah suatu never ending story, jadi Budisaat ini sudah terdidik untuk pake’ Internet untuk menambah wawasannya. Saat ini dia tetap dipersiapkan untuk ke Halmahera. Oh ya,dia sekarang sudah meminang seorang gadis lokal Nongkojajar. Total sekarang ada 3 ex siswa KPTT di sini.

Comment by FX Hartono Gunawan

ibu makasih infonya tapi kalau boleh tanya pelatihan untuk 1 orang biayanya berapa ya? Makasih

Comment by merda mangajun




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: