Saatnya HATI NURANI bicara


Kontrak Politik Caleg Perempuan jateng by ratna ariani
March 16, 2009, 10:40 am
Filed under: politik | Tags: , , , ,

Dalam seminggu ini saya menghadiri dua diskusi politik tentang kiprah caleg perempuan di Semarang.  Diskusi perempuan dalam politik 12 Maret 09 di aula gd DPRD Jateng  diselenggarakan JPPA, Jaringan Peduli Perempuan dan Anak, sedangkan diskusi 13-14 maret 09 bersama caleg perempuan Jateng diselenggarakan oleh Kemitraan dan Koalisi Perempuan Indonesia.

pegang-janji-yaKeputusan MK tentang mekanisme suara terbanyak sebagai dasar pemenangan Pemilu, laksana air yang memadamkan bara perjuangan perempuan dalam ranah perpolitikan Indonesia. Walaupun demikian dari berbagai diskusi yang menyinggung ‘affirmative action’ keterwakilan perempuan dalam parlemen, justru menunjukkan semakin mengerucutnya koalisi perempuan lintas parpol. Budaya paternalistik yang kuat adalah penghalang utama yang dirasakan kelompok aktivis dan politikus perempuan.

Rasa sepenanggungan seperjuangan yang semakin menekan justru membuat kami para caleg perempuan berbagai tingkat baik DPR sampai DPRD provinsi dan kabupaten semakin beramai-ramai berkoalisi saling membagikan dukungan lintas parpol dan lintas dapil. Apapun kami lakukan asal caleg perempuan bisa mendapat suara terbanyak. Bukan sekedar memilih caleg perempuan tapi perempuan berkualitas yang menyadari semangat perjuangan peran perempuan dalam parlemen.

Para caleg perempuan dengan segala keterbatasannya menjadi lebih kreatif dalam memanfaatkan hari-hari yang tersisa dimasa kampanye ini. Semua itu tidak terlepas dari peran keluarga yang mendukung perjuangan mereka, baik suami dan anak-anaknya. Perjuangan perempuan adalah juga perjuangan keluarga Indonesia yang menjungjung tinggi kesetaraan gender . Maka bilamana nanti keterwakilan perempuan dalam parlemen semakin jauh dari 30 %, mereka yang nantinya terpilih ini adalah ‘kartini-kartini’ yang mewakili kaum keluarga dari dapilnya serta mewakili perempuan dan anak Indonesia pada umumnya. Maju terus perempuan Indonesia.

Berikut ini adalah Kontrak Politik Caleg Perempuan Jateng yang dideklarasikan hari sabtu 14 Maret 2009 di Santika Hotel Semarang. Semoga kontrak politik ini juga dapat diteruskan dan diikuti seluruh caleg perempuan se Indonesia demi terciptanya Indonesia yang lebih sejahtera.

PERNYATAAN KESEPAKATAN BERSAMA CALEG PEREMPUAN

Bahwa setelah terpilih sebagai anggota legislatif, saya akan berkomitmen untuk memperjuangkan pemenuhan hak-hak perempuan dan anak khususnya yang terkait dengan:

1.    Kesehatan Reproduksi
2.    Kekerasan Berbasis Gender
3.    Trafficking
4.    Gender Budget
5.    Anti Korupsi

Jika selama masa jabatan saya tidak dapat memenuhi komitmen untuk memperjuangkan seperti yang tersebut diatas, saya bersedia di publikasikan di media massa lokal maupun nasional dan bersedia diproses secara hukum.

Caleg Perempuan: ….

Didukung:….


1 Comment so far
Leave a comment

mba ratna, pertanyaan simpel, kenapa saya harus milih mba?apa untungnya buat saya?

Comment by suprai




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: