Saatnya HATI NURANI bicara


Majalah Inspirasi # 54 Februari 2009

hanura-ratnaVisi: Membangun Keluarga Indonesia Sejahtera

Ir. M.A. Ratna Ariani MBA ā€“ Caleg DPR RI dari partai HANURA dengan nomer urut 3 untuk daerah pemilihan Semarang Kota/Kabupaten, Salatiga & Kendal. Silahkan kunjungi www.ratnaariani.com

Kemiskinan membuat perempuan dan anak-anak menjadi korban pertama yang kehilangan kesempatan untuk hidup layak. Banyak perempuan tidak punya pilihan kecuali menikah di usia dini, meninggalkan keluarga pergi ke kota bahkan keluar negeri dengan bekal ketrampilan terbatas, sebagiannya menjadi korban trafficking dan terjerumus prostitusi. Anak-anak tumbuh dengan minimnya kasih ibu, gizi serta pendidikan terbatas. Padahal pendidikan adalah salah jalur tercepat untuk peningkatan kualitas hidup lebih sejahtera.

Membangun Keluarga Indonesia Sejahtera harus dimulai dengan suatu tekad bahwa para pemimpin di semua tingkat mengutamakan pembangunan bagi kesejahteraan rakyat dengan memberantas praktek KKN, melaksanakan prinsip Good Corporate Governance serta membuat anggaran berdasarkan skala prioritas dengan prinsip kesetaraan dan keadilan, baik antar daerah dan golongan.

Selain peran pemerintah, peranan masyarakat dalam menggerakkan roda ekonomi perlu ditingkatkan dalam pengentasan kemiskinan melalui berbagai insentif perpajakan dan perijinan untuk mendukung pelaksanaan kepedulian sosial perusahaan. Perbaikan sarana pendidikan, pemberian bea siswa, perbaikan sarana kesehatan, pelestarian lingkungan hidup serta pemberdayaan ekonomi rakyat melalui sektor UKM di berbagai daerah sentra kemiskinan menjadikan gerakan bersama pemerintah dan masyarakat.

Kebijakan pembangunan diprioritaskan bagi kelengkapan prasarana dan sarana pertanian dan perikanan/kelautan dimana lebih dari separuh keluarga Indonesia menggantungkan kehidupannya. Melalui pendidikan ketrampilan serta kemudahan berusaha serta adanya lapangan pekerjaan disekitar tempat tinggalnya tidak akan membuat kaum muda meninggalkan desa. Kaum ibu juga perlu memiliki kecakapan mengurus rumah tangga, tidak buta huruf bahkan mampu berwirausaha di waktu luangnya. Kesehatan ibu dan anak menjadi perhatian utama, khususnya bagi ibu hamil dan menyusui sehingga angka kematian ibu dan bayi bisa ditekan. Program wajib belajar 9 tahun harus digalakkan dengan biaya terjangkau termasuk didalamnya memperhatikan kualitas kehidupan para guru sampai ke pedalaman.

Diatas semuanya itu setiap keluarga Indonesia perlu hidup berdamai dengan alam. Undang-undang yang mengatur kelestarian hayati dan perlindungan alam juga perlu diperluas dengan perlindungan terhadap bahaya bencana alam. Setiap daerah rawan bencana memiliki sistem pengenalan dini sehingga dapat menghindari jatuhnya korban manusia. Untuk itu setiap warganegara juga ikut bertanggungjawab atas keselamatan diri dan keluarganya serta memiliki peduli untuk memelihara, melindungi dan tidak mencemari alam sekitarnya.

Sebagai seorang profesional, Ratna tidak perlu terjun ke dunia politik. Tetapi keprihatinannya akan kaum perempuan yang dijumpainya saat mengadakan berbagai kunjungan sosial dan kemanusiaan memantapkan langkahnya masuk ke dunia politik sejak 2004. Dengan bekerja bersama dengan para caleg HANURA di tingkat provinsi sampai tingkat kota, visi dan programnya diatas dapat diusahakan dalam bentuk kebijakan dan dipantau pelaksanaannya semaksimal mungkin. Sehingga kaidah politik yang dijalankan dengan bertujuan menyejahterakan masyarakat (Bonum Commune) dapat dikembalikan kepada jalur yang sebenarnya. Pemimpin yang memiliki hati nurani akan mampu mendengarkan hati nurani rakyat sehingga dapat mengambil kebijakan yang memprioritaskan kesejahteraan masyarakat.


Leave a Comment so far
Leave a comment



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: