Saatnya HATI NURANI bicara


Profil Penulis

Dikenal dengan panggilan Ratna atau teman sekolah memanggil saya Nana. Merupakan nama kecil saya yang lengkapnya Maria Athanasia Ratna Ariani; bersama suami membesarkan tiga orang anak; Wisnu – mahasiswa psikologi UI semester V, Bimo kelas 3 SMU dan Sekar yang masih duduk di kelas 5 SD. Saat ini kami sekeluarga tinggal di Jakarta Selatan walau sempat tinggal beberapa tahun di Jogya dan di Bandung. Saya sendiri kelahiran Jogyakarta, dimana seluruh keluarga besar dari bapak merupakan alumni asrama putri Mendut Muntilan. Kami sempat menetap di Sekip saat bapak menjadi staf pengajar Fakultas Ekonomi UGM.

Setelah menamatkan sekolah dasar sampai menengah di St Theresia Jakarta, saya meneruskan kuliah di Fakultas Teknik Sipil Universitas Parahyangan Bandung. Setelah menikah dengan suami – Hadi Sulaikan, alumni Fisika UNPAD – kami sempat tinggal di Bandung, menemani suami yang bertugas di IPTN sambil saya melanjutkan pendidikan manajemen di Institus Manajemen Telkom.

Saat ini saya meneruskan kembali profesi saya sebagai konsultan HRD, sambil mengurus usaha keluarga dan beberapa kegiatan sosial. Dalam beberapa kegiatan sosial saya berkesempatan mengunjungi berbagai tempat di Indonesia yang membuat mata hati saya semakin terbuka melihat besarnya jurang yang dihadapi bangsa Indonesia khususnya antara kehidupan di kota dan di pelosok. Sejak 2004 saya memutuskan untuk menapaki dunia baru: politik, sebagai sarana menuju kesejahteraan rakyat. Saya telah mencapai keinginan pribadi dalam membangun karir dan memenuhi kebutuhan keluarga, sekarang lah masanya saya mendarmabaktikan diri bagi negara khususnya bagi rakyat yang masih berada di bawah garis kemiskinan.

Melalui blog ini saya ingin berbagi serta bertukar cerita serta permenungan tentang suka duka perempuan dalam kehidupan berkeluarga, profesi dan ditengah masyarakat. Secara khusus saya ingin menyuarakan isi hati dan keprihatinan dari sisi perempuan, bukan hanya saya saja tapi juga perjuangan perempuan lain, yang  sebagai anggota masyarakat perlu didengar dan perlu bersuara juga.

Keprihatinan akan tingginya jumlah rakyat miskin, membuat banyak keluarga kehilangan haknya yang paling dasar. Hak untuk hidup wajar, hak untuk mendapatkan pekerjaan, hak untuk mendapat pengakuan,hak untuk belajar dan mendapatkan informasi dan hak untuk menyatakan pendapatnya. Pada akhirnya perempuan dan anak-anak juga menjadi korban manakala hak yang paling mendasar tidak dipenuhi. Contohnya minimnya sarana serta mahalnya biaya pendidikan dan kesehatan; membuat perempuan tidak punya pilihan selain bertahan hidup hari demi hari, itupun kadang harga diripun digadaikan. Padahal pendidikan adalah kunci pencerdasan bangsa dan kesehatan menjamin keberlangsungan dan kualitas hidup keberlangsungan suatu generasi.

Silahkan menambah, melengkapi dan mengoreksi setiap hal yang ada disini, tentunya dengan tujuan agar semakin banyak perempuan mengambil bagian  didalam peran sosial masyarakat sambil terus mendidik anak-anaknya sebagai penerus bangsa. Juga semakin banyak perempuan yang sadar bahwa mereka diberi kemampuan lebih dari yang mereka sadari, tidak terbatas untuk keluarganya tapi juga untuk komunitas disekitarnya terutama untuk mereka yang tertindas, yang miskin dan tersingkir serta cacad. Maju terus perempuan Indonesia !


1 Comment so far
Leave a comment

Saya sangat bangga kalau makin banyak perempuan yang menampilkan suaranya ke publik, termasuk mbak Ratna. Keluarga yang harmonis dan berbakti kepada masyarakat sekitar. Semoga lolos jadi legislatif ya. Di Sumatera Utara sudah ada lho Ketua DPRD Provinsi Perempuan, baru dilantik minggu lalu. Yah secara kebetulan sih karena Ketua DPRDnya meninggal kemaren dalam demonstrasi 3 Maret lalu. Tidak usah saya jelaskan lebih jauh tentang saya, kunjungi web saya.

Tuhan Memberkati

Sukses dan terus berjuang, Selamat Hari Kartini.

Comment by Jannerson Girsang




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s



%d bloggers like this: